Tipe-Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Ruang Lingkup dan Jangkauan Wilayah Geografisnya | TechnoCanon

About Me

header ads

Tipe-Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Ruang Lingkup dan Jangkauan Wilayah Geografisnya


    Berdasarkan ruang lingkup dan jangkauan wilayah geografisnya, tipe jaringan dibagi menjadi 4, yaitu sebagai berikut :

Jaringan LAN ( Local Area Network)



    Lan adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencangkup wilayah kecil, seperti jaringan kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang menggunakan perangkat switch dengan kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Selain menggunakan teknologi Ethernet, teknologi 802.11b ( atau biasa disebut Wi-Fi/Wifi ) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-Fi/Wifi biasa disebut Hotspot.

Lan menggambarkan suatu jaringan yang menjangkau area yang terbatas.
Misalnya : satu kantor satu gedung, di mana komputer yang mempunyai jaringan secara fisik berdekatan satu dengan lainnya dan Jaraknya kurang lebih sampai dengan 10 km.

Dalam LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep Dump Terminal. Selain itu Komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.

Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Ada Beberapa karakteristik yang ada pada LAN antara lain sebagai berikut :
    1. LAN Memiliki kecepatan perpindahan data yang lebih tinggi.
    2. LAN Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit (Kampus, Sekolah, Area Kantor, dan Rumah)
    3. LAN Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi. Dengan kata lain, LAN tidak membutuhkan Akses Internet.
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer tersebut akan digunakan menjadi Server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

Ciri-ciri LAN adalah beroperasi pada area yang terbatas, menyediakan fulltime Konektivitas, Koneksi Peralatan Berdekatan, dan kendali jaringan dibawa Administratsi Lokal.

Keuntungan jaringan LAN antara lain sebagai berikut:
    1. Pertukaran sosial dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing).
    2. Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing).
    3. File-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi.
    4. File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol.
    5. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.

Jaringan MAN ( Metropolitan Area Network)


    MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.

Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 KM, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor dalam satu kota antara pabrik atau instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

    MAN merupakan jaringan yang interkoneksi komputer pengguna dengan sumber daya dalam kawasan atau wilayah geografis lebih luas dari pada yang ditutupi bahkan lebih besar jaringan area lokal (LAN) Tetapi lebih kecil daripada daerah yang ditutupi oleh jaringan yang luas (WAN).

Contoh gaya gesek Berapa banyak memiliki jaringan komputer di setiap cabangnya dapat berhubungan satu sama lain sehingga nasabah dapat melakukan transaksi di cabang maupun dalam provinsi yang sama.

Ciri-ciri jaringan MAN antara lain sebagai berikut :
    1. Mempunyai luas jaringan antara 10 sampai 50 KM.
    2. MAN memiliki beberapa organisasi.
    3. MAN biasanya memiliki Network provider.
    4. Merupakan jaringan yang memiliki kecepatan transfer data tinggi.
    5. Dapat dikoneksikan ke jaringan lain untuk membentuk WAN.

Jaringan WAN (Wide Area Network)


    WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modern dan jaringan internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. 

Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antar kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC stand alone/ notebook yang berada di lain kota ataupun negara.

Keuntungan jaringan WAN antara lain sebagai berikut :
    1. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang.
    2. Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-mail dan chat.
    3. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax atau pun paket pos, dapat dikirim relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat.
    4. Pooling data dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang di tentukan.
Koneksi WAN secara pokok ad tiga macam, antara lain sebagai berikut :
    1. Koneksi Dedicated.
    2. Jaringan Circuit-switched.
    3. Jaringan Packet-switched.

Internet



Orang yang terhubung dengan internet berarti terhubung juga dengan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang berada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut kedalam sebuah jaringan internet yang sangat besar, maka di bangun jaringan serat optik yang menghubhngkan satu benua dengaan benua yang lain melalui dasari laut.

Posting Komentar

2 Komentar